Selamat Datang di Gosali Pamor Siliwangi

Selamat Datang di Situs Gosali Pamor Siliwangi (GPS). Dalam Bahasa Sunda Gosali berarti, bengkel tempa tempat Mpu berkarya dan berkreasi seni tosan aji. Saat ini GPS dipimpin oleh Bayu S. Hidajat. Seorang Mpu atau Bladesmith Master yang saat ini masih selalu setia dalam karya dan kreasi seni tosan aji adalah Amas Sambas.

Situs ini kami buat sebagai sarana informasi, diskusi dan tukar pengetahuan khusus nya yang berhubungan dengan perkembangan Seni Tempa Tosan Aji dan lebih spesifik lagi untuk perkembangan Material Baja Pamor (Damascussteel) dan Senjata Pusaka Etnik Sunda yaitu Kudjang.

Kami ingin mengajak khususnya generasi muda agar sama-sama mencintai dan melestarikan budaya ini. Siapa lagi yang akan peduli dan mengangkat Budaya Kudjang, kalau bukan warga Jawa Barat. Yukkk…..kita sama-sama belajar dan berkarya dalam pengembangan budaya material pamor dan Kudjang Pamor. Jangan takut dan ragu-ragu dalam mencipta Kudjang jangan pernah juga ada yang berkata ini Kudjang saya yang asli, karena berlubang (matanya) jumlahnya ada sembilan, ada lima, ada tujuh dan lain sebagainya.

Kita semua bebas dalam berkarya dan jangan lupa biasakan deskripsikan secara tertulis dari mulai basic konsep dan beri nama karya kita. Mohon maaf dengan tanpa membedakan etnis dan RAS, orang Jawa Barat harus belajar banyak sama orang Jawa Tengah khususnya Solo dan Yogyakarta kelak akan tahu jawabannya kenapa Keris tidak pernah hilang budayanya dan bahkan merupakan Heritages hasil kebudayaan yang sangat diperhitungkan?.

~ by bayushidajat on June 7, 2008.

4 Responses to “Selamat Datang di Gosali Pamor Siliwangi”

  1. mau gabung donk kang klo ada acara2 kabarin?

  2. setuju …. urang LESTERIKEN SENI @ BUDAYA BUHUN urang , saha deui anu bade ngalestarikeun upami sanes urang ……
    ngiringan pisan , diantos bewara na di ALAMAT EMAIL : dadanm@bi.go.id

  3. artikel yang menarik dan bagus,saya ingin bertanya, apakah kundjang yang berpamor meteorite asli lebih bagus dalam penampilan?atau corak warna pamornya lebih bagus yang dari nikel biasa?terima kasih,

  4. Mohon informasinya jika ingin belajar membuat kujang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: