Perkembangan Baja Pamor dan Aplikasinya

Material Damascussteel, di Indonesia lebih dikenal dengan nama Baja Pamor. Kebanyakan aplikasi pemakaiannya pada produk seni dan orang Jawa Tengah sudah mengenal dan mengembangkan material tersebut berabad-abad lamanya dan kebanyakan diaplikasikan pada material bilah Keris. Berbagai corak dan ragam pamor dari mulai tingkat sederhana samapai dengan tingkat yang memiliki kesulitan teknik proses yang rumit telah dihasilkan oleh para Mpu disana melalui teknik pembuatan dengan methoda Hand Made  – Forging (Tempa Tradisional). Ki Hajar Satoto, seorang seniman dan juga seorang akademisi dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI)-Solo, pernah mengaplikasikan material ini pada perangkat gamelan karawitan dan hasilnya sangat indah sekali. Karya beliau pernah di pamerkan pada pameran seni tosan aji di Bentara Budaya, jakarta.

Ilmu Material Science & Metallurgy, perkembangannya sangat pesat di USA dan negara-negara Eropa, sehingga teknik proses pembuatannya juga berkembang tidak saja dengan Tempa Tradisional tetapi sudah dikembangkan dengan Powder Metallurgy Technology (Teknologi Metalurgi Serbuk). Dengan Teknologi tersebut berbagai jenis pamor dapat dihasilkan walaupun memerlukan tingkat kerumitan yang tinggi dalam prosesnya dibandingkan dengan teknik tempa tradisional, sehingga waktu prosesnya bisa lebih singkat dan kapasitas produksinya juga akan lebih tinggi, tetapi konsekwensinya adalah biaya investasi khususnya untuk peralatan yang cukup tinggi dibandingkan dengan metoda tradisional.

Permintaan pasar akan material baja pamor ini terus meningkat sehingga mendorong sebuah perusahaan Damassteel AB, dari Swedia mengembangkan pembuatan baja pamor secara komersial dengan kapasitas produksi yang cukup besar. Jaringan distribusi dan marketing pun sudah mulai menyebar secara global dan di asia salah satunya adalah negara China. Damasteel AB, menjual produknya dalam bentuk Flat Bar, Square Bar dan Round Bar, dengan berbagai dimensi ukuran. Metoda dan teknologi pembuatan material tersebut salah satunya menggunakan Powder Metallurgy . Gambar dibawah ini adalah contoh beberapa produk dari Baja Pamor Damasteel AB, Swedia:

Beberapa produk Damasteel AB, telah dimanfaatkan oleh para perajin tosan aji menjadi beberapa produk seni yang mempunyai nilai estetika dan nilai ekonomi yang tinggi, seperti dibawah ini:

Itulah sekilas typical applications dari material damascussteel, jadi kalau secara keseluruhan setiap seniman tosan aji bebas mengekspresikan kedalam karya seni apapun.

Thank you for Mr. Inger Ahs-Kjellen Soderfors Smeja, Sweden. for damascussteel image contributed

~ by bayushidajat on June 16, 2008.

9 Responses to “Perkembangan Baja Pamor dan Aplikasinya”

  1. keren kali mas…..

    sangat2 keren…. bikin histeris..

  2. setuju banget aplikasi pamor digunakan untuk benda seni lainnya

  3. gali terus ilmu material dan metalurgi yang sesuai dgn kemampuan rekayasa negeri kita , pasti ada cara yang efisien dan modal yang sesuai dgn keadaan , dengan kata lain jangan tergantung teknologi luar negeri ( bahan import ) karena negeri kita serba ada ( katanya )

  4. sampurasuuunnnn
    punten ka wargi , Abah nyungken di kintun foto-fotona sareung pangaosna , diantos di dadanm@bi.go.id

  5. sampurasuuuunnnn
    geuning teu di waler ……?

  6. penerapan lintas fungsi dan kegunaan dr senjata ke benda2 yg lain akan menambah ragam benda budaya sunda dan akan mempercepat dan akan lebih bisa menyentuh atau lebih memasyarakat karena terapan dari teknis tersebut dapat ditemukan pada benda hias atau benda lain yg lebih fungsional, hanya ciri khas kesundaannya haruslah ditonjolkan shg ciri kesundaanya dpt langsung dikenali bagi yg melihatnya….

  7. mas klo d bikin cincin trus gmn,emang jd pamor jg tolong d bales ya

  8. mas klo d bikin cincin ada pamor nya ngak tolong d bales

  9. ok keren pisan mang Bayu sok atulah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: