Undangan Saresehan Kudjang 20 Desember 2008

lokaPada tanggal 16 Desember 2008, Jam 09:24, saya dapat SMS dari Kang Teddy Permadi, yang isinya sebuah undangan untuk Saresehan dengan topik yang akan di bahas “Seputar Kudjang, Pusaka Sunda, Jawa Barat”. Dalam SMS tersebut acara akan diadakan pada tanggal 20 Desember 2008, tempatnya di rumah Kang Yudha, Jl. Cigadung Selatan I No. 22, Bandung. Seminggu sebelumnya juga saya mendapat SMS dari Kang Gungun, yang isinya adalah mengenai rencana penyusunan buku dan bekerjasama dengan Meseum Sri baduga, Jawa Barat.

Karena saya ada kesibukan ditempat kerja hari ini, saya lupa membalas SMS tersebut dan baru sadar setelah tanggal 17 Desember 2008, Jam 02:54. Dalam balasan itu saya minta nomor telepon Kang Yudha karena jujur aja saya juga sudah lupa lagi masuknya darimana Jl. Cigadung Selatan, maklum Bandung sudah banyak berubah. Ehh rupanya dibalas saat itu juga sama Kang Teddy….heheheh. “Hapunten Kang, saya sudah membangunkan tidurnya.”

Saat menulis ini, saya terbangun dari tidur, karena sudah cukup lama dan lelap sekali sebab selepas sholat isya, saya langsung tidur, jadi kurang lebih sudah 6 jam saya istirahat. Sengaja saya turunkan tulisan ini karena saya takut pada tanggal 20 Desember 2008, saya berhalangan hadir, karena ada rencana mau kedatangan tamu dari salah satu principal product dari Hongkong yang keliatannya mereka bingung karena ternyata Krisis Global Finance, yang semula di USA, telah mengimbas juga ke negeri kita.

Buat rekan-rekan sesama pencinta kudjang, sebelumnya mohon maaf apabila pada saatnya nanti saya tidak, dapat hadir tepat waktu atau mungkin sama sekali tidak bisa menghadiri saresehan ini. Tapi jauh dari lubuk hati yang terdalam sebenarnya saya menyesal sekali kalo sampai tidak bisa datang. Buat saya acara saresehan ini adalah suatu bentuk kemajuan yang nyata dan sekaligus merupakan bentuk kepedulian dari para pencinta kudjang. Mungkin saya akan memberikan sedikit sumbang saran dalam sebuah tulisan ini walaupun thema nya saya sendiri belum tahu kemana arahnya. Semoga tebakan saya secara general ini tidak terlalu jauh dari target yang telah ditetapkan oleh rekan-rekan semuanya.

Menurut pandangan saya agar Kujang ini bisa dipandang khususnya oleh masyarakat Jawa Barat dan umumnya secara global, ada beberapa aspek penting yang benar-benar harus diperhatikan, dan masing aspek itu secara garis besar adalah:

1. Aspek Historical dan Kultur Budaya,

2. Aspek Promosi,

3. Aspek Teknis Pembuatan.

Dari ketiga aspek inilah, kelak dapat dikembangkan dan akhirnya dapat dijadikan suatu referensi yang jelas dan tertulis dan finalnya adalah standarisasi dan patent. Mengapa ini perlu dilakukan, saya belajar ini dari salah satu ahli budaya Malaysia. Beliau menceritakan bagaimana mereka menggali khasanah budaya untuk kejayaan negerinya, sampai merekapun lupa saking dalamnya menggali imaginasinya menjadi sangat kenceng dan seolah-olah budaya itu lupa milik siapa. Orang Indonesia sebagai penciptanya kebakaran jenggot manakala budayanya sudah mereka patent kan. Hal ini lah yang harus kita cermati dan jangan terjadi pada pusaka kita yaitu Kudjang.

~ by bayushidajat on December 16, 2008.

4 Responses to “Undangan Saresehan Kudjang 20 Desember 2008”

  1. Kalo Boleh Tau Isi Buku Ya Tetang Apa Pak Apa Sejarah Sunda

  2. Kang Teddy Permadi Pak Saya Mau Tanya Saya Perkeja Di P,T ,BSS saat Saya Ada sedikit Masalah Pak Boleh Mintak Saran Kira2 Apa Yang Harus Aka Lakukan Mohon Bimbingan ? Makasih

  3. bagus sekali kudjang pamor nya

  4. bagus sekali kundjang pamor nya

Leave a Reply

 
