Pengantar Saresehan Kudjang 20 Desember 2008

Bayu S. Hidajat

Bayu S. Hidajat

Pengantar ini saya tulis hanya sebagai saran apabila hari ini saya tidak dapat menghadiri undangan dari Panitya Saresehan Kudjang. Pada kesempatan ini pula saya juga menghaturkan ucapan terima kasih pada Panitya Saresehan atas segala atensinya khususnya buat Kang Teddy Permadi, cs. Saya tahu sekali untuk mengumpulkan komunitas seperti ini bukan lah kerja gampang dari panitya, untuk itu saya acungkan dua jari jempol saya untuk para panitya yang sudah berani memulai actions dalam penelusuran mengenai pusaka kita tercinta yaitu Kudjang.

Tulisan ini menyambung artikel undangan sebelumnya, mungkin tidak banyak sumabngsih dalam tulisan ini, tetapi saya selalu berpikiran positif dan optimis dan akhirnya semoga tulisan ini bermanfaat khususnya buat para komunitas pencinta Kudjang.

Dari saresehan ini saya berharap agar dapat dibentuk sebuah team atau kelompok penelusuran kudjang. Output dari Team ini, target pertama adalah minimal kita dapat membuahkan suatu tulisan dalam bentuk buku yang kelak akan dijadikan sebuah referensi. Jangan pernah takut buku referensi itu tidak sempurna, yang penting adalah terbit dulu. Kesempurnaan referensi itu setahu saya apabila kelak ada masukan lagi manakala refernsi ini meluncur, disinilah saatnya kita update, untuk menyempurnakan keurangan-kekurangannya berdasarkan saran dan kritik dari para pemerhati masalah Kudjang.

Saya berpendapat secara management, team kerja ini sebaik nya terbagi menjadi menjadi tiga kelompok, sebagai berikut:

1. Team yang bekerja untuk penelusuran aspek sejarah dan budaya Kudjang. Team ini bekerja mencari referensi mengenai sejarah dan budaya Kudjang baik dari buku, naskah kuno maupun nara sumber. Nara sumber sebaiknya juga melibatkan akademisi dan juga para tokoh budayawan maupun tokoh masyarakat yang memang benar2 tahu mengenai seluk beluk kudjang tetapi harus ada pembatas yang menurut saya harus ditentukan dahulu di awal oleh team ini. Usahakan pola pikirnya tidak terlalu jauh antara ketiga narasumber tersebut, karena kalau terlalu jauh kita sukar untuk menyatukan pendapat.

2. Team yang bekerja untuk promosi kudjang. Team ini bekerja dari mulai pembuatan proposal baik kepada institusi pemerintah maupun swasta ataupun mungkin NGO Asing maupun Local yang bisa diajak bekerja sama dan memiliki program mengenai culture. Kerjasama dengan media cetak dan electronic juga mutlak sangat diperlukan sebagi media untuk promosi. Tugas utama team ini adalah mencari sponsor untuk melukakan segala aktivitas kita, karena mau gak mau ini adalah suatu project yang memang memerlukan dana. Seharusnya untuk provinsi Jawa Barat bisa karena pada akhir-akhir ini khususnya Bandung sedang dijadikan pilot project untuk Creative Industry. Kerja Team ini cukup berat juga karena memerlukan orang-orang yang creative dalam gagasan tetapi mampu mewujudkannya dalam tindakan yang realistik. Seminar/workshop, pameran dan lain2 akan lebih mempercepat masyarakat tahu mengenai keberadaan dan positioning Kudjang, mungkin ini lah target utamanya.

3. Team yang bekerja untuk teknis dan analisa pembuatan parameternya lebih jelas dan pasti karena disini yang terlibat adalah ilmu eksak dalam hal ini adalah material fisik dan metalurgi. Referensi yang tersedia cukup banyak baik dari buku maupun website. hanya yang perlu diperhatikan adalah biaya apabila kelak diperlukan model-model kudjang yang diperlukan.

Mungkin ini lah pola pikir dan idea concept yang coba kami berikan kepada panitya saresehan dan juga komunitas kudjang secara garis besar. secara ditail kami mungkin tidak dapat menuliskannya pada weblog ini karena keterbatasan kami dalam menulis dan juga waktu, tetapi dengan segala kerendahan hati Insya Allah saya bersedia apabila kelak diperlukan untuk berdiskusi lebih lanjut.

Selamat berdiskusi “Sawala Kudjang”, kalau istilah Kang Teddy yang kebetulan barusan SMS untuk konfirmasi Saresehan pukul 14:00, Semoga sukses. Saya juga acungkan jempol buat kang Yudha di Jl. Cigadung Selatan I-22, yang sudah bersedia menyumbangkan tempatnya. Saya yakin kegiatan ini pasti bermanfaat. Wassalam

~ by bayushidajat on December 20, 2008.

Leave a Reply

 
