Memilih Material Baja Pamor

TempaBagaimana cara membuat material baja pamor (damascus steel). Material baja apa saja yang dapat dibuat menjadi material baja pamor serta bagaimana cara pebuatan yang paling sederhana dapat kita lakukan.

Baja pamor adalah material yang terbuat dari logam baja paduan yang dipadukan dengan material non ferro, yaitu Nickel.  Teknik pembuatannya cukup dengan methoda yang paling sederhana yaitu dengan teknik penempaan atau Hammering Forging Processing (HFG), pada temperur dibawah temperatur kristalisasi, sekitar (1300-1500) derajat Celcius.

Artikel kali akan menuntun kita semua untuk mengetahui pemilihan bahan yang akan dibuat material baja pamor. Saya akan mengunakan istilah generik yang biasa ditulis dalam bahasa metallurgy, yaitu berupa istilah standard dan kali ini standard yang akan saya pakai adalah AISI (American Institute Steel Industry). Tujuan saya memakai istilah ini agar tidak menyulitkan para pembaca yang tertarik dalam maslah ini. Keduanya agar tidak terpaku oleh merek dagang dari berbagai produsen pembuat baja. Contoh singkatnya adalah seperti ini, kita memerlukan material baja paduan AISI C. 1045. Perusahaan Bohler (Germany-Austria) menamai material tersebut dengan nama atau merek dagang……………………………………… NTAR DILANJUT YAA…. NGANTUK BANGET NEHH………….. HEHEHE

~ by bayushidajat on July 1, 2009.

One Response to “Memilih Material Baja Pamor”

  1. ayo dong kang bayu dilanjut artikelnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: